Minggu, 17 Juni 2012

Kiai Hasani Muda: Diplomat Ulung di Masa Belanda

Lahir sekitar tahun 1924/1925, Kiai Hasani sudah yatim semenjak masih dalam usia dini. Abah beliau, K.H. Nawawie wafat ketika Kiai Hasani masih berusia sekitar 2 tahun.
Kiai Hasani adalah putera bungsu KH. Nawawie bin Noerhasan. Beliau adalah satu dari 8 bersaudara putera Kiai Nawawie. Masing-masing adalah KH. Noerhasan bin Nawawie (dari Nyai Ruyanah); Nyai Hanifah, K.H. Kholil Nawawie, Nyai Aisyah (dari Nyai Nadhifah); K.H. Sirajul Millah, K.A. Sa’doellah Nawawie dan K.H. Hasani Nawawie (dari Nyai Asyfi‘ah).
Tanda-tandanya sebagai ulama yang dekat dengan Allah sudah tampak semenjak muda. Tidak seperti umumnya anak-anak muda, Kiai Hasani menghabiskan masa belianya penuh dengan cahaya keagamaan. Beliau adalah sosok pemuda yang agamis, wara’, khusyu’, rajin, dan berbudi pekerti luhur.
Menghabiskan waktu dengan aktivitas tak berguna merupakan hal yang sangat tidak disukainya. Raut wajahnya sejuk dipandang. Bila berjalan, selalu menundukkan kepala dan tampak sangat tenang.
Tak seperti kebanyakan putra ulama besar, Kiai Hasani tidak menghabiskan masa mudanya untuk menimba ilmu di berbagai lembaga pendidikan. Beliau tidak pernah bersekolah dan mondok di pesantren manapun kecuali di pesantren abahnya di Sidogiri. Dalam hal ini Kiai Hasani mengaku dirinya mondok ke Sidogiri dari rumah ibunya (Ibu Nyai Asyfi’ah) di Gondang Winongan ke Sidogiri. Selain itu, beliau tidak pernah mondok ke mana-mana.
Kiai Hasani lebih banyak mendapatkan ilmunya secara otodidak. Semasa hidup, putra bungsu K.H. Nawawie bin Noerhasan ini, hanya mempunyai tiga orang guru. Pertama kali beliau belajar kepada K.H. Syamsuddin (?) di Tampung Winongan Pasuruan. Kepada ulama yang biasa dipanggil Gus Ud ini, Kiai Hasani ngaji kitab al-Ajurumiyah, ‘Imrithi dan Mutammimah. Selain kepada Gus Ud, di Tampung, beliau juga ngaji kepada K.H. Birrul Alim.
Selanjutnya, Kiai Hasani belajar kitab Alfiyah Ibn Malik kepada kakak iparnya sendiri, K.H. Abdul Djalil Abd. Syakur, di Sidogiri. Kitab monumental tentang ilmu nahwu (gramatika Arab) ini beliau pelajari sampai tuntas. Usai mengkhatamkan Alfiyah, atas saran kakak iparnya itu, Kiai Hasani bermaksud belajar ilmu fiqh (hukum Islam). Kiai Djalil juga berjanji akan membacakan kitab al-Asybah wa al-Nazha’ir kepadanya. Tapi, sebelum kitab kaidah fiqh itu sempat diajarkan kepada Kiai Hasani, K.H. Abdul Djalil Abd. Syakur terlebih dahulu wafat.
Kiai Hasani merupakan satu-satunya orang yang belajar secara langsung kepada K.H. Abdul Djalil. K.H. Abdul Djalil adalah pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri pada era 1930-an serta menantu K.H. Nawawie bin Noerhasan, abah Kiai Hasani.
Konon, salah satu penyebab Kiai Hasani alim tanpa perlu belajar di lembaga pendidikan mana pun adalah berkat doa K.H. Ma’ruf (Kedungloh Kediri). Kiai Ma’ruf adalah teman akrab K.H. Nawawie bin Noerhasan, Abah Kiai Hasani. Ia masyhur sebagai wali Allah. Bisa bertemu langsung dengan Nabi Khidir dan bila ada kesulitan, langsung berdialog dengan Rasulullah SAW.
Suatu saat, Kiai Hasani sowan kepada ulama sepuh itu. Setelah menceritakan asal usulnya, beliau ditanya oleh K.H. Ma’ruf: “Apakah sudah hafal nadham Alfiyah?”. Dengan jujur, Kiai Hasani menjawab tidak. Lalu Kiai Ma’ruf menawari untuk belajar di pesantrennya selama 40 hari, tapi Kiai Hasani menolak. Kiai Hasani mengatakan beliau sulit untuk kerasan.
Kiai Ma’ruf lalu menawari Kiai Hasani untuk mengamalkan puasa selama 3 hari. Selama puasa hanya diperkenankan sahur dan berbuka hanya dengan satu biji kurma. Dengan tirakat ini, K.H. Ma’ruf menjamin Kiai Hasani bisa alim tanpa belajar. Tapi, lagi-lagi Kiai Hasani menolaknya karena merasa tidak mampu melaksanakan amalan itu.
Mendengar jawaban Kiai Hasani itu, K.H. Ma’ruf menyuruh beliau pulang dan berjanji akan mendoakannya dalam setiap sholat.
Kiai Hasani memang tidak pernah mengenyam pendidikan di lembaga tertentu. Dalam pertualangannya mencari ilmu, Kiai Hasani lebih banyak mempelajari ilmu pengetahuan secara otodidak. Di dalemnya, beliau tekun me-muthalaah kitab-kitab. Tafsir dan akhlaq merupakan disiplin pengetahuan kesukaannya. Kitab-kitab yang beliau miliki penuh dengan catatan dan kertas-kertas kecil sebagai tanda bahwa terdapat sebuah pernyataan penting pada halaman kitab tersebut. Beberapa hari setelah wafatnya, kitab-kitab itu diwakafkan ke Perpustakaan Sidogiri.
Kiai Hasani tidak menghabiskan masa mudanya dari pesantren ke pesantren. Beliau hidup pada masa di mana penjajahan Belanda sedang pada puncaknya. Kiai Hasani muda lebih memilih berjuang melawan para penjajah itu dibanding menghabiskan waktunya di sebuah menara gading. Namun modus perjuangan yang beliau tempuh adalah modus yang unik. Tidak seperti Kiai A. Sa’doellah Nawawie, kakaknya, yang memilih berjuang mengangkat senjata, Kiai Hasani lebih suka berjuang melalui jalan diplomasi. Beliau kerap mendatangi kamp-kamp Belanda dan berpidato di situ.
Dengan mendekati Belanda Kiai Hasani berupaya menetralisir incaran Belanda terhadap Sidogiri. Sidogiri, saat itu, memang sedang menjadi salah satu incaran utama pasukan Kompeni. Sidogiri merupakan markas perjuangan Kiai A. Sa’doellah dalam mengusir Belanda. Kakak Kiai Hasani itu sering memimpin pasukan untuk mengadakan penyerbuan terhadap Belanda dari Sidogiri.
Apa yang dilakukan Kiai Hasani dengan mendekati Belanda ternyata cukup efektif untuk mengamankan Sidogiri dari serangan mereka. Jika pasukan Belanda mau menyerang Sidogiri, Kiai Hasani sudah menyetop mereka sebelum masuk ke Sidogiri. Beliau menyuruh mereka untuk kembali. Dan, mereka pun menuruti apa yang dikatakan Kiai Hasani.
Kiai Hasani Nawawi: Pola Hidup Sufi
21 Kali Bermimpi Soekarno
Terletak di tepi selatan asrama Pesantren Sidogiri bersebelahan dengan Mesjid, dalem itu tampak sepi. Seperti tak ada kegiatan kerumahtanggaan di situ. Bangunannya tampak tua sekali, dengan jendela dan pintu bercat cokelat. Bagian depan berlantai semen seluas 1x3 meter. Tak ada aksesori apapun, hanya tampak beberapa pohon pisang di depan dalem. Pagar bambu yang menutupinya sudah tampak agak rusak. Di sebelah barat, dalem itu ditutupi beberapa satir dari anyaman bambu.
Di sinilah, Kiai Hasani tinggal. Jika anda ke sana, anda tak mengira bahwa itu adalah dalem seorang ulama besar yang amat disegani, terutama di Jawa Timur. Rumah itu memang terlalu sederhana. Tapi, dari sinilah figur panutan itu meniupkan angin sufisme dari pikiran ke pikiran: sufisme yang tidak hanya dalam bentuk konsepsi, tapi sebuah realitas kehidupan.
Kiai Hasani memang menyukai hidup sederhana. Apa yang dijalani dalam hidupnya merupakan bentuk nyata dari nilai-nilai sufistik yang tak mengacuhkan materi. Sufisme memang telah menjadi pandangan hidup beliau sejak muda. Beliau konsisten dengan nilai-nilai itu, qawlan wa fi‘lan. Sehingga ada kesan unik pada pola hidup yang beliau jalani. Memang pola hidup sufistik pada jaman ini, secara realitas tidaklah populer, meski hal itu sering muncul sebagai komoditas wacana. Ia telah menjadi tumpukan cerita di masa lalu.
Nilai utama sufisme yang selalu dipegang teguh oleh beliau sampai akhir hayatnya adalah al-bu‘d ‘an al-dun‘ya. Dalam catatan sejarah, nilai ini dipopulerkan oleh Sayyidina Ali yang menyatakan talak tiga untuk dunia. Begitu pula dalam pandangan Kiai Hasani, hubb al-dun‘ya (suka dunia) adalah penyakit yang telah amat kronis menimpa umat ini. Suatu ketika, dalam sebuah manuskripnya, beliau mengungkapkan bahwa akar dari kerusakan umat ini adalah kesenangan ulama-ulamanya kepada dunia.
Memang, dari 8 orang putra Kiai Nawawie, semuanya hidup miskin. Tapi, yang membuat Kiai Hasani berbeda dari saudara-saudaranya adalah kesempatan untuk kaya selalu beliau tolak. Beliau tidak pernah menghiraukan urusan uang dan harta. “Jangan sampai engkau tahu, berapa jumlah uang yang ada di sakumu,” dawuh beliau.
Begitulah Kiai Hasani dalam memandang dunia. Zuhud (asketisme) menjadi cermin utama dalam pola hidup yang beliau jalani. Seperti tak ada kesukaan sedikit pun terhadap dunia. Kalau pada umumnya, para tokoh (termasuk ulama) menyukai fasilitas-fasilitas mewah, tapi lain halnya dengan Kiai Hasani. Beliau malah hidup sangat sederhana. Tidak suka mobil. Sering tampak berjalan kaki atau naik becak untuk sebuah keperluan. “Keinginan punya mobil saja, aku tidak ingin,” dawuhnya suatu ketika kepada K.H. Nawawi bin Abdul Jalil, keponakannya.
Jika anda masuk ke dalem Kiai, maka mesti tersirat sebuah kesimpulan betapa sederhananya beliau. Di dalem, tidak terdapat peralatan apa-apa. Tak ada hiasan dan hanya berlantai semen. Menariknya di dinding sebelah dalam, Kiai menggantungkan celurit, pacul dan tangga. Entah isyarat apa yang beliau maksudkan dengan peralatan tani ini. Yang jelas, barang-barang itu bukan hiasan yang dimaksudkan untuk menambah keindahan pemandangan.
Dalam dahar-nya (makan) sehari-hari, K.H. Hasani biasanya hanya cukup dengan nasi putih dengan lauk krupuk dan kecap. Makanan kesukaan beliau adalah kentang rebus diletakkan di piring kecil dan tempe mendol.
Pada hari Senin, sehari sebelum wafat, Kondisi beliau semakin melemah. Dokter yang memeriksanya menganjurkan agar makan lebih banyak, tapi beliau beralasan bahwa sejak dulu beliau tidak pernah makan banyak. Akhirnya Dokter hanya menyarankan agar yang penting perut tetap ada isinya.
Uniknya, Kiai malah memberi makan kucing piaraannya dengan ikan tongkol dan ikan-ikan yang biasanya menjadi lauk kebanyakan orang. Kiai memang suka memelihara hewan yang konon juga merupakan hewan piaraan kegemaran Abu Hurairah, Sahabat Nabi dan perawi hadits paling masyhur itu. Kucing-kucing yang terlantar dan sakit-sakitan beliau rawat dan dipeliharanya dengan baik sampai sehat dan gemuk. Kalau ada kucing yang mati maka beliau akan menguburkannya layaknya manusia. Suatu saat salah satu kucing piaraan beliau terlindas kendaraan salah satu keluarga. Lalu dikuburkan di suatu tempat. Ketika tahu kejadian tersebut, beliau langsung membongkar lagi kuburan kucing tersebut dan dipindahkan ke tempat penguburan kucing yang terletak di belakang dalem beliau. Dalam dawuhnya, Kiai Hasani menyatakan bahwa kucing merupakan nunutan beliau untuk masuk surga. “Kamu tidak punya dosa, Pus!” dawuh beliau suatu hari seperti berdialog dengan kucing kesayangannya.
Memang, beliau sangat akrab dengan kesederhanaan itu. Hidup layaknya orang biasa sudah menjadi manhaj al-hayah bagi beliau. Berpakaian seperti lazimnya orang biasa. Sering terlihat memakai baju takwa hitam. Tidak suka memakai sorban seperti kebiasaan para ulama. Bahkan, beliau juga lebih suka memakai kopyah hitam dibanding kopyah putih. Itu semua merupakan manifestasi dari pandangan kesederhanaan dan kesukaan untuk hidup layaknya orang biasa.
Kiai Hasani memang amat tidak suka memakai atribut jasmaniah para ulama. Beliau juga tidak senang diperlakukan istimewa. Pernah suatu ketika, beliau diundang menghadiri walimatul arusy salah seorang tokoh di Pasuruan. Di tempat yang disediakan untuk undangan para kiai, tertulis kalimat “Khusus Masyayikh”. Tahu ada tulisan semacam itu, Kiai Hasani yang kebetulan diundang dan hadir dalam acara tersebut tidak berkenan masuk. Apa kata beliau? “Aku bukan masyayikh”. Akhirnya tuan rumah melepas tulisan itu dan Kiai Hasani pun berkenan masuk. Konon, Kiai juga senang diundang ke Probolinggo karena di tempat itu beliau tidak di’istimewa’kan dari yang lain.
Jika Kiai Hasani mau, bukannya beliau tidak bisa untuk hidup seperti lazim tokoh-tokoh lain. Dalam pembagian tirkah warisan setelah beliau wafat, uangnya banyak tercecer di mana-mana. Kadang di bawah kasur, di dalam kitab dan di tempat-tempat lain. . Ini merupakan sebuah cermin bahwa Kiai tidak pernah memasukkan urusan harta ke dalam pikirannya. Beliau tidak pernah menghitung berapa uang yang dimilikinya. “Jangan sampai kau ketahui uang yang masuk ke sakumu, agar kamu tidak bersandar pada uang,” ungkap beliau menyiratkan sebuah pandangan zuhdiyah-nya.
Dulu, Kiai Hasani pernah titip modal kepada H. Makki, salah satu jutawan terkenal di Pamekasan Madura. Hal ini dimaksudkan beliau sebagai pemenuhan atas kewajiban berkasab bagi seorang muslim. Tapi, sampai akhir hayatnya Kiai Hasani tidak pernah menghiraukan uang itu lagi. Menjelang pembagian warisan, uang itu diserahkan oleh H. Makki kepada keluarga beliau di Sidogiri.
“Al-Dun’ya dawa’,” dawuh Hadratussyekh. “Dunia adalah obat”. Kalimat singkat itu diperoleh beliau melalui mimpi. Syahdan, Kiai Hasani pernah bermimpi bertemu Soekarno (Presiden ke-1 Republik Indonesia). Dalam mimpi itu, Soekarno hanya menyampaikan kalimat “al-dun’ya dawa” kepada Kiai. Konon, mimpi yang sempat beliau tulis dalam manuskripnya itu, terjadi selama 21 kali.
Awalnya K.H. Hasani tidak paham apa maksud dari kalimat tersebut. Lalu beliau menceritakan mimpi itu kepada kakak beliau Almaghfurlah K.H. Cholil Nawawie. Setelah berpikir cukup lama, K.H. Cholil bisa menjawab apa maksud dari kalimat “dunia adalah obat”. “Obat itu hanya digunakan jika keadaan sakit (betul-betul membutuhkan, begitu pula dunia,” jelas Kiai Cholil kepada Kiai Hasani. Mengenai hal itu, Kiai Hasani juga berdawuh: “Yang baik, obat itu apa kata dokternya. Tidak boleh overdosis.”
Pandangan dan sikap hidup asketis itu memang telah beliau tampakkan semenjak muda. Tak ada tempat di hati untuk kesenangan duniawi. “Saya ingin tahu, seperti apa rasanya senang dunia itu?” dawuh beliau suatu ketika.
Begitulah Kiai Hasani, selalu memelihara kelarasan antara dawuh dan perilaku. Kekentalannya dengan sufisme tidak hanya terejawantahkan dalam kata-kata, tapi juga pola hidupnya sehari-hari. Oleh kerena itu, beliau sering mewanti-wanti bahwa sekarang ini yang terpenting bagi kita adalah mengamalkan ilmu. “Kalau dulu memang dibutuhkan orang-orang alim, sekarang sudah tidak perlu lagi. Semuanya sudah alim-alim. Kita hanya perlu menyelamatkan diri,” tegas Hadratussyekh.
Ulama memang telah begitu banyak. Lalu, sebanyak itukah orang yang bermoral ulama? Sufisme telah menjadi kajian luas: di majelis ta‘lim, seminar, halaqah, dan mimbar-mimbar kuliah. Buku-buku tentang tasawuf membanjiri toko-toko. Lantas, seluas itukah nilai-nilai sufisme itu telah diterapkan? Kiai Hasani seperti mengkritik itu semua: “al-Ilm al-yawm mazhlum,” dawuh beliau penuh kecewa. Saat ini, ilmu pengetahuan (terutama pengetahuan agama) memang telah menjadi korban.
Pandangan kritis itu tidak hanya ditunjukkan Kiai Hasani untuk para ulama dan cendekiawan. Dalam pandangan beliau, orang-orang yang melaksanakan ibadah pun sekarang banyak yang maghrur, terjerumus dalam lembah kedunguan. Setelah naik haji pada tahun 1958, beliau enggan untuk naik haji lagi. Hadratussyekh begitu prihatin melihat Baitullah itu sekarang. Begitu banyak munkarat di situ. Padahal kita mesti ekstra hati-hati di Tanah Suci itu. Tanah Haram tidak bisa dibuat sembarangan.
Mengenai ibadah, Kiai Hasani memberi penekanan utama pada sisi makna. Ibadah bukan cuma urusan ritual badaniah belaka, tapi berintisari pada pemaknaan hati. Oleh karena itu, beliau lebih suka melakukan ibadah yang dirasanya sebagai hal berat. Di situ ada upaya menundukkan hati kepada Ilahi. Mengatur gerak hati memang lebih berat dibanding aktivitas jasmaniah. Ini terutama menyangkut keikhlasan dan gerak kalbu yang lain. “Lebih berat maksiatnya hati dari pada maksiatnya badan,” dawuh beliau.
Menjadikan gerak kalbu sebagai esensi segala aktivitas merupakan pandangan yang diperkenalkan kalangan sufi. Kendati demikian, Kiai Hasani sangat kukuh dan tegas memegang norma-norma ritual sebuah ibadah. Beliau amat tegas dengan kebenaran tatalaksana shalat menurut aturan fiqh, begitu pula dalam ibadah-ibadah lain. Bahkan, sampai masalah adzan pun beliau mempunyai perhatian amat serius. Sampai sekarang, adzan di Mesjid Sidogiri tidak pernah berlagu. Kiai Hasani marah jika adzan dilakukan berlagu. Memang, pada aspek tatakrama, adzan berlagu hanya mementingkan dominasi seni serta telah kehilangan makna panggilannya menghadap Allah.
Persis seperti umumnya para sufi, K.H. Hasani sejak lama merindukan mati, sebuah keinginan yang tidak wajar dalam pikiran orang yang belum merasakan betapa sesak dunia ini dan betapa indah bertemu dengan Sang Rabb. Kerinduan itu sering beliau ungkapkan, terutama menjelang hari wafatnya. Apa yang menguntungkan dari mati? ”Kalau orang baik pendek umur, ia cepat ketemu kebaikannya. Kalau orang yang jelek pendek umur, ia cepat putus dari kejelekannya agar tidak banyak dosanya,” dawuh Hadratussyekh membangun logika dari pandangannya.
Jika ada tamu, Kiai Hasani selalu mengantarkan sendiri suguhannya. Beliau juga sangat sedih jika banyak tamu, khawatir tidak bisa menghormati mereka dengan layak.
Etiket sufisme lain yang juga sudah begitu melekat pada Kiai Hasani adalah melestarikan ajaran khumul. Dalam kamus sufi, khumul berarti tidak mau dikenal orang (tentang keistimewaan dirinya). Dalam tuntunan tasawuf Ibnu Atha’ al-Sakandari ajaran ‘tidak suka tampil’ itu dimaksudkan sebagai langkah penyelamatan bagi seorang yang menjalani kehidupan sufi agar tidak terjerumus oleh popularitas dan ketenaran. “Sing enak saiki iki mastur,” dawuh Kiai kepada K.H. A. Nawawi bin Abdul DJalil, keponakannya.
Memang, khumul seperti telah menjadi filosofi baku, tidak hanya bagi Kiai Hasani tapi juga Sidogiri. Pondok pesantren yang sudah berusia 256 tahun itu seperti besar dalam ketersembunyian: tidak pernah menyebar brosur atau jenis promosi lain, bahkan memasang plakat pun bagi Sidogiri terkesan tabu.
Kiai Hasani Nawawi: Perjuangan Mendidik Generasi
Mendidik Masyarakat dengan Uswah
Tak ada Kiai Hasani, Sidogiri seperti kehilangan urat nadi. “Kiai Hasani wafat, siapa lagi yang punya perhatian penuh pada shalat,” kalimat itu kerap terdengar dari santri Sidogiri pasca wafatnya Hadratussyekh K.H. Hasani Nawawie.
Memang, selama dasawarsa terakhir, Sidogiri memiliki komitmen pendidikan shalat yang luar biasa. Upaya pendidikan shalat bagi santri digalakkan sedemikian rupa. Bahkan, semenjak dua tahun yang terakhir, Sidogiri menetapkan lulus ujian shalat sebagai syarat kenaikan kelas di madrasah.
Komitmen yang luar biasa hebat ini merupakan buah perhatian ekstra Kiai Hasani terhadap shalat santri. Dalam dawuhnya, beliau menyatakan bahwa shalat merupakan standar keberhasilan pendidikan di Pondok Pesantren Sidogiri. Shalat santri baik, berarti pendidikan berhasil; shalat santri jelek, berarti pendidikan gagal.
K.H. Hasani memang lebih sering memerankan sebagai sosok yang mengerem langkah Pesantren Sidogiri agar tidak bergeser dari visi semula: ingin mencetak ‘ibad Allah al-shalihin. Beliau adalah supervisor, penyelia segenap komponen pesantren yang sedang berproses.
Tugas ini beliau akui sebagai beban yang mahaberat, soalnya menyangkut tanggung jawab di hadapan Allah. Tugas mahaberat ini sejalan dengan pandangan beliau bahwa pesantren merupakan lembaga yang ussisa ‘ala al-taqwa, dibangun dan berdiri atas dasar takwa kepada Allah. Jadi, bagaimanapun dan kemanapun pesantren ini melangkah, takwa tetap harus menjadi oreintasi dasar.
Hal tersebut betul-betul membuat Kiai Hasani tidak bisa tenang, terutama ketika menyaksikan ibadah santri. Di dalem, Kiai kadang berdiri sampai berjam-jam menghadap ke mesjid. Beliau memperhatikan dengan seksama santri yang sedang melakukan shalat. Kiai memang mempunyai keprihatinan yang mendalam melihat shalat santri belakangan ini.
Kiai menjalankan kontrol penuh terhadap mesjid. Sampai sekarang pun, dalemnya yang terletak bersebelahan dengan mesjid itu seperti menjadi pengawas bisu bagi santri yang masuk ke mesjid. Mereka terlihat amat hati-hati berada di mesjid ini, terutama ketika Hadratussyekh masih hidup.
Menyaksikan mesjid Sidogiri akan terlihat aktivitas ibadah yang berlangsung tertib. Mesjid selalu ramai dengan lalulalang santri yang hendak, usai, atau sedang melaksanakan ibadah. Bangunan tua itu memang padat dengan aktivitas dalam 24 jam. Tapi, semuanya berjalan tenang dan tertib. Ini semua buah kontrol ketat Kiai Hasani terhadap tempat ibadah itu. Kontrol penuh K.H. Hasani atas mesjid itu memang terbukti efektif bagi pembangunan semangat ibadah bagi santri Sidogiri.
Kiai Hasani sangat tidak suka jika tempat ibadah itu dicampuri dengan hal-hal yang bisa merusak makna ketertundukan terhadap sang Maha Pencipta. Setiap kali ada hal-hal yang mengurangi kesopanan terhadap tempat suci ini, Hadratussyekh mesti memberi respon kontrolnya, minimal dalam bentuk teguran kepada orang yang dipasrahi untuk menjaga ketertiban ibadah di mesjid.
Beliau sering memberi teguran jika terjadi keramaian yang sebetulnya tidak perlu terjadi. Peringatan yang sering beliau sampaikan kepada santri menjadi kontrol efektif bagi mereka untuk tidak berlaku urakan dan keterlaluan dalam bergurau dan mengekspresikan sesuatu. Kontrol itu sangat melekat pada jiwa masing-masing santri. Saking lekatnya kontrol dari Hadratussyekh ini, setiap terjadi keramaian, satu kata “dalem” betul-betul ampuh untuk membuat mereka diam dan tenang kembali. Pada aspek apapun,
Dalam segala hal, K.H. Hasani menekankan pentingnya keseriusan. Pada aspek apapun Kiai berpegang pada prinsip falyadhaku qalila walyabku katsira, perbanyak menangis dibanding tertawa. Prinsip tersebut merupakan prinsip dasar yang diajarkan al-Qur’an sebagai pandangan hidup bagi setiap muslim.
Sebagai pemangku utama Pondok Pesantren Sidogiri, peran K.H. Hasani dalam menjaga keseimbangan arus pesantren agar tidak bergeser dari prinsip al-Salaf al-Shalihin betul-betul vital. Beliau menitikkan perhatiannya pada pembentukan haliyah, perilaku dan moral santri. Ini adalah bagian dari pandangan dan komitmen beliau yang luar biasa: bahwa santri merupakan tanggung jawab mahaberat dun’ya wa ukhra.
Kiai Hasani: uswah sebagai strategi dakwah
Beliau memang sosok sufi, zuhud dan tidak menyukai kehidupan materialistik. Sebagai sosok dengan komitmen relegius yang kental, tak bisa dibayangkan betapa kecewa beliau melihat ‘jaman’ ini. Ya, kekecewaan itu memang sering diungkapkan beliau. Bahkan, berbagai manuskrip, maqalah dan pandangan-pandangannya kerapkali menumpahkan kekecewaan yang mendalam itu.
Anehnya, kekecewaan itu tidak membuat beliau lebih suka berada di menara gading dan menghabiskan hari-harinya dengan menikmati munajat kepada Allah di hamparan sunyi. Pandangan hidupnya yang zuhud tidak membawa beliau untuk menyepi, menjauh dari khalayak.
Kiai Hasani suka berbaur dengan masyarakat sekitar. Kerap berkumpul di tengah-tengah mereka untuk sekedar bincang-bincang, kadang juga di warung-warung. “Kalau kiainya warung dan kiainya kucing, tanyakan saya,” dawuh beliau suatu ketika. Detik-detik persentuhan dengan masyarakat itulah yang kerap digunakan Hadratussyekh untuk menaburkan ajaran Islam dari pikiran ke pikiran.
Kedekatannya dengan masyarakat akar rumput membuat mereka merasa amat kehilangan atas kemangkatan Kiai Hasani. “Kiai Hasani wafat, siapa lagi yang akan dekat dengan masyarakat,” ujar salah seorang penduduk desa. Kiai Hasani selalu hadir jika diundang masyarakat, baik untuk walimah atau acara-acara selamatan lain. Bahkan beliau selalu hadir tepat waktu, meskipun undangan lain masih belum datang. “Jika diundang jam tujuh, beliau datangnya pas jam tujuh. Kadang tuan rumahnya pun waktu itu masih belum persiapan,” cerita salah satu sumber.
Dalam dakwahnya kepada masyarakat luas, Kiai Hasani lebih mengutamakan aksi dibanding retorika. Selama hidupnya, Hadratussyekh tidak pernah tampil memberi ceramah maupun pengajian di depan publik. Beliau berdakwah dari pintu ke pintu; dari orang ke orang. Naluri dakwah semacam inilah yang membuat masyarakat merasa bahwa Kiai Hasani begitu dekat dengan mereka. “Mereka tidak salah. Yang salah itu kamu dan aku. Mereka tidak mengerti, tidak mendengar dakwah Islam,” dawuh Kiai kepada Mas Abdullah Syaukah, keponakannya.
Kiai Hasani memang sosok ulama yang mempunyai kepedulian sosial amat tinggi. Kiai memposisikan dirinya sebagai bagian dari masyarakat bawah, juga merasakan penderitaan mereka. Hal ini misalnya tercermin dari sikap tenggang rasa yang beliau tampakkan untuk kalangan bawah itu. Naik becak dari lapangan Sidogiri ke dalemnya saja (sekitar 200 meter), Kiai memberi ongkos dari Rp. 20 ribu sampai Rp. 50 ribu. Suatu ketika salah satu keponakannya yang menyaksikan hal tersebut bertanya: “Apa tidak terlalu banyak, Kiai?” Apa dawuh Kiai Hasani? “Kalau aku disuruh nyetir becak itu dari lapangan ke sini, diberi uang segitu pun aku tidak mau,” jawab beliau. Dawuh semacam itu timbul dari kepedulian dan tenggang rasa yang mendalam terhadap penderitaan kalangan bawah.
Kiai begitu memahami keadaan masyarakat bawah. Dalam membimbing mereka menuju kebenaran, beliau lebih mengutamakan langkah memberi teladan. Segala segi dari pola hidup yang beliau jalani merupakan bagian dari bimbingan melalui haliyah itu. “Sebetulnya, sekarang pun aku mampu membeli mobil Mercedes keluaran terbaru. Tapi, aku takut masyarakat mempunyai pemahaman keliru bahwa menjadi kiai itu enak. Lalu mereka memondokkan anaknya ke pesantren biar jadi kiai dan hidupnya enak,” dawuh beliau mengungkapkan visi dakwahnya kepada salah seorang guru Sidogiri.
Kiai memang terkenal sebagai sosok ulama yang selalu menjaga kemanunggalan kata dan sikap. Semua yang beliau katakan, selalu beliau laksanakan. Dalam berdakwah, beliau mesti memulai dari diri sendiri. Dalam bahasa K.H. Hasyim Muzadi (Ketua Umum PBNU), Kiai Hasani adalah ulama yang alim amaliyah dan amil ilmiyah. Hal tersebut diungkapkan K.H. Hasyim saat memberi sambutan dalam selamatan 40 hari wafatnya Hadratussyekh.
“Saat ini, kita amat terpukul dengan kepergian Kiai Hasani. Tapi hal itu tidak cukup. Yang terpenting bagi kita setelah ini adalah meneladani kehidupan yang telah dicontohkan beliau,” ungkap salah satu ulama dalam kalimat belasungkawanya di hadapan kaum muslimin ketika akan melaksanakan shalat jenazah yang ke-8 untuk al-Maghfurlah K.H. Hasani.
Kiai Hasani adalah sosok yang netral. Dalam berdakwah, beliau tidak pernah membeda-bedakan orang. Siapapun orangnya, kalau ia memiliki visi dakwah yang sama, maka akan beliau dekati. K.H. Hasani tidak pernah mempermasalahkan dari kelompok mana ia. Dalam aksi dakwah dan pemberdayaan umat, baju sektarianisme mesti harus disingkirkan. Yang terpenting bagi K.H. Hasani orang itu adalah muslim yang taat beragama.
Dalam hidupnya, selain dikenal dekat dengan sejumlah ulama dari kalangan NU, K.H. Hasani juga dekat dengan ulama-ulama yang terkenal sebagai tokoh Syi’ah, seperti Habib Husein al-Habsyi (YAPI Bangil) dan Habib Husein al-Habsyi (Malang). Kedua tokoh tersebut memang dikenal sebagai ulama yang amat concern dengan dakwah Islam dan pemberdayaan umat.
Tidak ada kamus fanatik terhadap figur tertentu bagi K.H. Hasani. Standar tunggalnya adalah visi dan ketaatannya dalam beragama. Pernah suatu ketika ada acara Peringatan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan GP Ansor di lapangan Sidogiri. Penceramah dalam acara tersebut adalah Habib Muhsin Alatas. Sehabis acara, Muhsin Alatas berniat sowan kepada al-Maghfurlah K.H. Hasani. Ia minta tolong kepada Sudirman (kawan dekat Mas Fuad Noerhasan, keponakan K.H. Hasani) untuk menyampaikan maksudnya kepada beliau.
Kiai Hasani menolak bertemu dengan habib tersebut, karena dikiranya adalah Habib Husein al-Habsyi Malang. Seperti telah menjadi berita hangat di berbagai media, saat itu Habib Husein terlibat dalam percaturan politik yang memanas. Ia memberi statemen akan menghadang Banser dengan pasukan Ikhwanul Muslimin. Statemen ini nyaris mengakibatkan perpecahan antara sesama umat Islam. Ia juga sering berkomentar kepada sesama muslimnya dengan nada cacian (tentang Gusdur misalnya). K.H. Hasani tidak suka dengan sikap Habib Husein itu kendati sebelumnya beliau cukup dekat. Kiai menolak untuk bertemu dengannya. Ketika dijelaskan bahwa yang akan sowan bukan Habib Husein, tapi Habib Muhsin Kiai Hasani bersedia menerimanya.
Kiai Hasani memang tidak suka dunia politik. Selama hidupnya, beliau tidak pernah mendukung partai apapun di Indonesia. Tapi jika perseteruan politik mengakibatkan pecahnya umat, maka Kiai akan peduli untuk mempersatukan kembali.
Saat di Pasuruan terjadi aksi dukung mendukung atas pemberhentian Bupati Dade Angga, silaturrahim K.H. Hasani ke Bupati dapat meredam gejolak massa yang hampir mengakibatkan suasana chaos di kota santri ini. Ketika suasana Pasuruan sedang dalam keruh-keruhnya karena demonstrasi massa mendesak Dade Angga mundur, Hadratussyekh berkunjung ke Pendapa Kota Pasuruan. Kunjungan Kiai itu sebagai silaturrahim biasa. Sebelumnya, Bupati bersilaturrahim ke dalemnya, kemudian ganti beliau bersilaturrahim ke Bupati.
Silaturrahim Kiai ke Bupati itu ternyata mendapat perhatian luas dari masyarakat. Media massa utama Jawa Timur, Jawa Pos (Radar Bromo) dan SURYA sempat mengeksposnya. Dan, silaturrahim itu membawa dampak positif bagi perkembangan Pasuruan. Kota Untung Suropati ini berangsur-angsur tenang kembali.
Kiai Hasani: Pandangan dan Visi
Dukungan Penuh atas Pancasila
Jika teliti, anda akan menangkap sebuah pemandangan aneh di pintu gerbang Pondok Pesantren Sidogiri. Di pintu masuk timur tepat di sebelah barat jalan, anda akan disambut ukiran Burung Garuda. Lambang Republik Indonesia tersebut diukir di tembok sebelah kiri gerbang. Di bawahnya, tertera butir-butir Pancasila. Tak ada gambar dan tulisan lain selain itu, termasuk petunjuk bahwa gerbang itu adalah pintu masuk ke Pondok Pesantren Sidogiri.
Ada apa gerangan dengan gerbang Sidogiri? Konon, ukiran Burung Garuda dan butir-butir Pancasila itu dibuat atas instruksi dari Hadratussyekh K.H. Hasani. Tidak diketahui pasti semenjak kapan. Namun dari wajah gambar, tampak bahwa ukiran tersebut sudah berusia puluhan tahun.
Tak heran, Hadratussyekh menginstruksikan membuat gambar itu di pintu gerbang. Jika anda membaca manuskrip Kiai yang disebar Keluarga beberapa puluh hari setelah wafatnya, anda pasti bisa meraba-raba apa maksud beliau dengan gambar itu.
Kiai Hasani, seperti yang banyak beliau tulis dalam manuskripnya, merupakan tokoh yang memiliki kekaguman luar biasa dengan butir demi butir Pancasila. Butir-butir itu searah dengan pemikiran beliau, tapi dalam penafsiran yang berbeda dengan yang dimiliki orang pada lazimnya. Perbedaan penafsiran itu terletak pada sila Ketuhanan yang Maha Esa.
Dengan tegas Kiai Hasani menyatakan bahwa sila pertama ini hanya sesuai dengan akidah Islam, tidak dengan agama-agama lain. Logikanya, dengan sila ini semua agama tidak berhak untuk hidup di Indonesia karena tidak sesuai dengan dasar negara.
Apa yang beliau ungkapkan tentang tafsir sila ini tidak hanya sekedar apologia. Kiai Hasani membangun sebuah argumentasi teologis yang mapan. Beliau mengurut arti kata “esa” dari langgam teologi: bahwa pada titik makna dasarnya keesaan itu hanya sesuai dengan akidah Islam.
Argumentasi yang beliau bangun tentang kemanunggalan sila pertama dengan akidah Islam berujung pada kesimpulan bahwa sila tersebut mengandung dua unsur pokok. Pertama, kepercayaan akan eksistensi Tuhan (i‘tiraf al-uluhiyah); kedua, kepercayaan akan keesaan Tuhan (i‘tiraf al-wahdaniyah). Dengan unsur pertama, dasar negara tersebut menolak komunisme-ateisme; sedang unsur kedua menolak akidah agama selain Islam.
Konsekwensi dari sila tersebut adalah bahwa Republik Indonesia harus menyesuaikan segala haluan, kebijakan dan undang-undangnya dengan ajaran Islam, karena ideologi negaranya hanya sesuai dengan akidah Islam, tidak agama lain.
Sebagai dasar negara tentu hal tersebut harus betul-betul ditegakkan di Indonesia. Kiai Hasanimenyerukan agar kaum muslimin betul-betul memperjuangkan Pancasila, dalam arti bahwa “al-hukm bima anzal-Allah” harus berlaku di Bumi Pertiwi ini.
Dalam pandangan K.H. Hasani Nawawie, kemanunggalan ajaran Islam dengan Pancasila juga terbentuk melalui sila kedua (Keadilan Sosial). Jika sila pertama mempresentasikan ajaran Islam terkait hubungan vertikal dengan Allah, maka sila kedua mempresentasikan ajaran Islam terkait hubungan horizontal antara hamba dan hamba.
Visi umum ajaran Islam hanya ada dua: al-qiyam bi haqq al-Haqq dan al-qiyam bi haqq al-khalq. Pertama, melaksanakan kewajiban terkait dengan Sang Pencipta; kedua, melaksanakan tanggungjawab terkait dengan makhluk Sang Pencipta. Kedua visi itu dipresentasikan seluruhnya oleh sila Ketuhanan yang Maha Esa dan Keadilan Sosial.
K.H. Hasani Nawawie: Visi Keumatan
Menjelang Pemilu tahun 1997, Sidogiri terlibat dalam sebuah polemik di majalah Editor. Adalah Ustadz H. Mahmud Ali Zain yang menjadi jubir Sidogiri ketika itu. Apa yang katanya tentang pemilu? “Berpartai hukumnya haram”.
Ada apa Sidogiri dengan pernyataan yang menyentak publik itu?
Penegasan itu datang dari K.H. Hasani Nawawie. Tak ada hal lain yang mendorong Kiai menegaskan hal itu kecuali ghirah dan keprihatinan yang sangat kuat melihat fenomena umat. Begitu mudah persatuan umat tercabik-cabik hanya karena fanatisme yang dihembuskan oleh kalangan partai. Urusan partai betul-betul telah membuat umat ini berada pada pertikaian yang tak tentu ujungnya. Bahkan, kerapkali tokoh umatnya sendiri yang menjadi motor pertikaian itu. Melihat kenyataan bahwa berpartai mengandung potensi sangat kuat dalam tafriq al-jama‘ah (memecahbelah umat), K.H. Hasani mengharamkan berpartai itu. Masalah berpartai merupakan sarana untuk tanshib al-imamah (memilih pemimpin), maka masih ada berpartai bukan satu-satunya cara untuk memilih pemimpin itu.
Bagaimanapun, kata Kiai Hasani, orang berpartai akan menumbuh ta‘ashhub (fanatisme) dalam hatinya. Ia akan membela partainya tanpa melihat apakah partai itu patuh pada syari’at atau tidak.
Fanatisme partai sudah sedemikian lama menjadi penyakit yang menggilas semangat ukhuwah. Politik dan berpartai merupakan motif utama konflik umat secara massal. K.H. Hasani tak kuasa melihat fenomena ini. Pertikaian umat betul-betul menyesakkan ruang dada beliau. “Bagaimana aku akan bertanggung jawab di akhirat terhadap santri-santri Sidogiri yang ikut partai ini dan itu, kemudian saling bertengkar,” dawuhnya suatu ketika kepada H. Thayyib (Ketua Yayasan STIE Malangkucecwara), sahabat dekat beliau.
K.H. Hasani memang sangat konsisten dengan pandangan-pandangan tentang persatuan umat. Tak ada kamus fanatisme terhadap madzhab dan golongan tertentu bagi beliau. Yang terpenting adalah Islam dan berperilaku Islami, bukan golongan ini dan golongan itu atau madzhab ini dan madzhab itu.
Solidaritas Islam begitu mengakar pada pandangan dan langkah-langkah beliau. Kiai paling tidak bisa menerima jika melihat umat Islam ditindas. L.B. Moerdani (Panglima ABRI di masa Soeharto) adalah orang yang sangat dibencinya. Moerdani merupakan tokoh utama di balik pembantaian ratusan umat Islam di Tanjung Priok. Di kalangan aktivis pembela Islam, Moerdani dikenal sebagai Panglima Salibis. Hal itu disebabkan karena sikap kerasnya dalam memusuhi umat Islam dan membela umat Kristen. “Membawa bom, lalu salaman dengan Moedani, kemudian mati bersama itu bukan mati bunuh diri, tapi mati syahid,” dawuh beliau.
Santri dan Pesantren : Sebuah Predikat Moral
SANTRI. Berdasarkan peninjauan tindak langkahnya, adalah orang yang berpegang teguh pada Alqur’an dan mengikuti sunnah Rasul SAW dan teguh pendirian. Ini adalah arti dengan bersandar sejarah dan kenyataan yang tidak dapat diganti dan diubah selama-lamanya. Allah yang maha mengetahui atas kebenaran sesuatu dan kenyataannya.
Mirip sebuah prasasti, kalimat tersebut terpampang besar di bagian depan asrama “J” Pondok Pesantren Sidogiri. Terukir di tembok seluas kira-kira 7x2 meter, berwarna putih dengan latar belakang hijau. Di sebelah atas tercantum redaksi aslinya dalam bahasa Arab di bawah judul al-Santri.
Ukiran itu dibuat sekitar 11 tahun yang lalu. Kalimatnya disusun oleh Almaghfurlah K.H. Hasani Nawawie pada tahun 1972. Sejak semula kalimat tersebut dijadikan sebagai asas dasar Pondok Pesantren Sidogiri. Santri yang mondok di situ pasti hafal luar kepala. Bagi mereka, menghafal kalimat itu sama artinya dengan membaca prinsip hidup dan jati dirinya sendiri.
Pandangan K.H. Hasani tentang santri dan pesantren, setidaknya, telah dicurahkan dalam beberapa kalimat itu. Dalam kemasan “ta’rif santri” tersebut, Kiai Hasani mempertegas bahwa kata “santri” adalah murni sebagai predikat moral. Santri, bukanlah nama dari sebuah komunitas tertentu atau kelompok dengan budaya tertentu, tapi murni sebagai predikat dari sebuah ketaatan beragama.
Ada dua hal pokok yang disebut K.H. Hasani dalam ta’rif santri itu: ketaatan pada garis agama serta prinsip tegas dan perilaku yang lurus. Dan, persis seperti apa yang dikemukakannya tentang santri, beliau juga memberi arti pesantren, murni dalam sebuah predikat moral keagamaan. Menurut K.H. Hasani, pesantren adalah lembaga yang berdiri atas dasar takwa kepada kepada Allah atau menjadikan ketaatan beragama sebagai pijak dasarnya (ussisa ‘ala al-taqwa).
Dalam memandang segala sesuatu (terutama masalah agama), K.H. Hasani memang selalu bertumpu pada substansi dan prinsip keagamaan. Jika prinsip dan substansinya sudah benar, beliau tak pernah menghiraukan lagi siapa dan dari kelompok mana. Hal ini selalu beliau tampakkan dalam setiap langkah-langkahnya, baik dalam berdakwah, membangun ukhuwah, maupun dalam kehidupannya sehari-hari.
Kiai Hasani dan Kritik Sosial
Pandangannya yang lurus dan tak kenal kompromi membuat K.H. Hasani disegani ulama-ulama lain. Beliau memang putera ulama besar, tapi yang membuatnya disegani adalah sikap dan pandangannya yang lurus serta tegas.
Kiai Hasani memang tak segan-segan menegor siapa saja yang dianggapnya tidak mengindahkan ajaran agama, tak terkecuali dia itu tokoh besar atau mempunyai pengaruh luas. Dalam menyikapi sesuatu, beliau selalu teliti dan kritis. Kritik-kritik beliau lebih banyak ditunjukkan untuk para pengemban ilmu pengetahuan, baik santri, pelajar, maupun ulama, dibanding yang lain.
Menyikapi kerusakan moral di masyarakat, Kiai Hasani tidak terlalu menyalahkan mereka. Beliau melihat hal ini sebagai kesalahan para pengemban dakwah Islam. “Mereka tidak salah, yang salah itu kamu dan saya,” dawuhnya.
Rusaknya moral umat bersumber dari rusaknya moral para ulama. Begitulah salah satu inti dari tulisan beliau dalam beberapa manuskripnya. Menurutnya, seperti ditegaskan Rasulullah, komponen yang paling menentukan baik-buruknya umat ada 2, yaitu ulama (kaum cendekiawan) dan umara (kaum birokrat).
Kerusakan moral masyarakat merupakan akibat dari bobroknya moral para penguasa (birokrat). Kebobrokan penguasa, disebabkan karena tidak becusnya para ulama. Begitulah Kiai Hasani mengurai sumber utama kebobrokan ini. Dalam pandangan beliau, ulama saat ini telah banyak yang tergila-gila pada harta dan kedudukan (hubb al-jah wa al-mal).
Kritik keras juga beliau alamatkan kepada para pelajar dan santri. Dalam hal ini, yang menjadi bidikan utama beliau adalah kebiasaan tidak serius dalam mencari ilmu. Tertawa dan kegaduhan yang tidak perlu telah menjadi kebiasaan yang telah melekat di tempat belajar dan majlis al-ilm. Kebiasaan tidak serius ini amat disayangkan Hadlratussyekh. Dalam sebuah manuskripnya beliau bercerita tentang suasana belajar di majelis pengajiannya al-A‘masy. Suatu ketika, seorang murid al-A‘masy tertawa saat berlangsungnya pengajian. Syahdan, al-A‘masy menindaknya dan menyuruhnya berdiri. “Engkau mencari ilmu yang telah di-taklif-kan Allah kepadamu, sedang engkau tertawa,” kata al-A‘masy memarahinya. Setelah itu al-A‘masy tidak menyapa murid itu selama 2 bulan.
Dalam Semalam, Istiqamah Bangun Lima Kali
Anak adalah buah hati. Keturunan berarti kelangsungan sejarah bagi seseorang. Tiada anak, hambarlah kehidupan rumah tangga. Tapi, tidak dengan K.H. Hasani Nawawie. Kiai yang menghabiskan hidupnya dengan lakon zuhud ini malah tidak ingin punya anak. “Saya ini sudah anak, anaknya Kiai Nawawie Sidogiri. Jadinya seperti ini. Kalau saya punya anak, jadinya seperti apa. Sedang antara saya dan Abah bayna al-sama’ wa al-sumur (antara tingginya langit dan dalamnya sumur),” dawuhnya.
Filosofi yang dipegang Kiai Hasani tentang “anak” memang tidak seperti filosofi yang dipegang orang pada umumnya. Beliau memandang keturunan tidak dalam bentuk kuantitas, tapi murni pada kualitas kesalehannya di hadapan Sang Pencipta. Dan, Hadlratussyekh, sampai akhir hayatnya, tidak mempunyai seorang putera pun. Beliau hanya mempunyai dua putera angkat, Yaitu Mas Abdul Bari dan Mas Anshori (Putera Nyai Sholihah, isteri Kiai Hasani yang ketiga).
K.H. Hasani beristeri tiga kali. Dari ketiga isterinya itu, beliau tidak menurunkan putera sama sekali. Isteri pertama beliau adalah Ibu Nyai Zubaidah. Tidak begitu lama berkeluarga dengan Ibu Nyai Zubaidah, Kiai Hasani men-firaq-nya. Beliau kemudian berkeluarga dengan Ibu Nyai Lilik, puteri K.H. Zaini Rembang. Namun, tidak lama juga beliau men-firaq-nya. Yang terakhir beliau berkeluarga dengan Ibu Nyai Sholihah. Ibu Nyai Shalihah berasal dari Malang. Beliau adalah janda dengan putera 7 orang. Puteranya yang ikut ke Sidogiri hanya 2 orang, yaitu, Mas Abdul Barri dan Mas Anshori.
Terhadap keluarganya, Kiai Hasani mempunyai perhatian penuh terutama pada sisi moral. Nuansa zuhud dan sufi tidak hanya kental pada diri beliau semata, tapi juga segenap keluarganya. “Kamu mau saya jadikan apa saja ikutlah!” dawuh beliau kepada Mas Abdul Barri, salah satu putera angkatnya.
Disiplin ajaran Islam betul-betul beliau terapkan pada keluarganya. K.H. melarang keras keluarganya keluar tanpa disertai mahram. Wanita yang bukan mahram tidak boleh masuk ke dalemnya. Beliau juga melarang televisi bagi keluarganya. Dalam pandangan Kiai Hasani, televisi banyak mudharat-nya dalam pembentukan moral. “Meskipun thariqat kalau masih ngingu (punya) TV, itu thariqat gendeng,” dawuh beliau mengometari media hiburan plus informasi itu.
Sehari-hari beliau menekankan pentingnya shalat berjamaah bagi keluarganya. Beliau sendiri, sejak masih belum baligh tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah. Dan, Kiai lebih suka melaksanakan shalat jamaah di dalemnya daripada di mesjid. Konon, beliau tidak betah shalat di mesjid yang sehari-hari ramai dengan aktivitas ibadah santri itu. Kiai Hasani tidak tahan melihat ibadah santri, yang menurut beliau, tidak karuan. “Kalau aku shalat di mesjid, marah-marah nanti,” dawuhnya.
K.H. Hasani melalui hari-harinya dengan lakon yang amat berat. Anjuran tasawuf tentang “perbanyak menangis daripada tertawa” betul-betul beliau laksanakan. Hari-harinya beliau lalui dengan perasaan susah, terutama ketika ada hujan, petir dan banjir. Hal ini beliau lakukan sebagai kiat untuk menjaga hati agar selalu mengingat Allah. Bahkan, jika merasa gembira beliau memaksakan diri untuk susah. “Hati yang dibuat susah, meskipun karena urusan dunia, baik untuk hati tersebut. Sebaliknya, jika dibuat gembira, meskipun karena akhirat itu justru tidak baik untuk hati itu”. Begitulah prinsip beliau.
Setiap malam, Kiai Hasani istiqamah bangun dalam setiap jam. Dalam semalam Kiai bangun sebanyak 5 kali, mulai jam 11.00 malam sampai jam 3.00 dini hari. Setiap selesai shalat Isya, beliau beristirahat sampai jam 11.00 malam. Kemudian bangun dan berwudlu’, lalu membaca surah Al-Fatihah. Setelah itu, beliau istirahat lagi. Pukul 12.00 malam, beliau bangun dan melakukan hal yang sama. Begitu juga pada pukul 1.00 dini hari. Pukul 2.00 beliau bangun lagi, berwudlu’, membaca surah Al-Fatihah lalu bertafakkur sebentar kemudian istirahat kembali. Pukul 3.00, beliau bangun dan terus melakukan ibadah sampai subuh tiba.
Dalam ibadah Kiai Hasani lebih senang mengerjakan yang dianggapnya paling berat. Beliau suka ber-mujahadah. Ning Hikmah (keponakannya) pernah bercerita mengenai CD al-Qur’an, Hadits dan kitab-kitab lain kepada beliau. Dengan CD, seseorang dapat dengan mudah mencari data-data yang diperlukan. Tapi, Kiai Hasani menyatakan tidak suka dengan kemudahan-kemudahan dari produksi teknologi tersebut. “Aku gak seneng, kurang ganjarane" (Aku tidak suka, karena kurang pahalanya), jawab beliau.
Selain tegas serta kukuh dalam menegakkan dan melaksanakan ajaran Islam, Kiai Hasani juga sangat syafaqah dan penyayang. Rasa syafaqah-nya yang mendalam tidak hanya beliau tunjukkan untuk sesama manusia, tapi juga kepada makhluk Allah yang lain. Beliau menyayangi binatang-binatang. Beliau tidak pernah memberi makan kucing di dalemnya dengan ikan yang masih ada tulangnya. Ikan yang mau diberikan kepada kucingnya mesti dibuang tulangnya dulu. Ayamnya pun diberi makan roti. “Meskipun semut, itupun juga makhluk Allah,” kata beliau.
Kiai juga terkenal telaten dalam mengajar. Dulu, Kiai Hasani mengadakan pengajian khusus untuk keponakan-keponakannya. Pengajian itu dilaksanakan di dalem Ibu Nyai Hanifah (saudari beliau). Beliau sangat telaten mengajar keponakan-keponakannya itu. Sampai-sampai ada seorang keponakannya yang tidak bisa menulis karena sering dituliskan oleh beliau.
10 hari sebelum wafat,
KH Hasani Nawawy Bermimpi Didatangi Imam al-Ghazali
Ribuan orang berjubel di komplek pesarean (makam) Keluarga Pondok Pesantren Sidogiri. Komplek pemakaman yang terletak di belakang mesjid, sebelah barat mihrab itu, tampak penuh dengan orang-orang yang ingin memberikan penghormatan terakhir untuk KH. Hasani Nawawie. Sebagian besar datang dari jauh, bukan masyarakat setempat. Wajah-wajah mereka terlihat muram. Berduka. Tak ada tawa. Di sebelah barat komplek pemakaman dengan luas sekitar 50 meter persegi ini, terlihat wanita-wanita berdesakan meraih satir untuk melihat prosesi pemakaman dari atas tirai terpal itu.
Di sekitar pagar, tampak petugas dari satuan Banser sibuk mencegah orang-orang yang merengsek ke pagar. Mereka ingin masuk ke dalam kompleks agar dapat mengekspresikan penghormatan terakhirnya secara langsung. Di dalam pagar, tampak Keluarga, tokoh-tokoh dan orang-orang yang sibuk mempersiapkan pemakaman.
Sementara itu di luar komplek pemakaman, terdengar gaduh. Masyarakat berebut ikut memikul keranda jenazah Kiai Hasani Nawawie. Minimal, mereka dapat menyentuh keranda tokoh panutan itu. Melalui pengeras suara, terdengar seruan agar masyarakat tidak berebutan. “Hormati mayyit, hormati jenazah, jangan berebutan!” Teriakan itu terdengar sibuk dan sangat keras.
Ketika jenazah sampai di pesarean, masyarakat yang sejak semula gaduh mulai tenang. Hanya sesekali terdengar bisikan, gumam “Allah” dan isak tangis wanita dari barat pesarean.
Prosesi pemakaman itu berlangsung sekitar pukul 16.00 Selasa sore, 13 Rabiul Awal 1422 / 5 Mei Juni 2001. Sebelumnya, shalat jenazah dilaksanakan sebanyak 11 kali di mesjid Jami Sidogiri. Shalat jenazah dilaksanakan berulang-ulang karena masyarakat yang datang berta’ziah terus mengalir dari berbagai daerah. Setiap kali shalat jenazah dilaksanakan mesjid selalu penuh, sampai meluber ke surau dan jalan-jalan. Shalat jenazah pertama dilaksanakan sekitar pukul 9.00 pagi, sedang shalat jenazah terakhir sekitar 16.00 sore.
Kiai Hasani memenuhi panggilan Allah sehari setelah peringatan Maulid Nabi Muhammad; tepatnya pada malam Selasa, 13 Rabiuts Tsani 1422, pukul 03.50 dini hari. Beliau wafat pada usia 77 tahun karena serangan darah tinggi yang sudah sejak lama dideritanya.
Sehari sebelum wafat (malam Senin), Hadratussyekh masih sempat menghadiri acara peringatan maulid Nabi di Mesjid Sidogiri. Kiai mengikuti pembacaan diba’ mulai awal sampai selesai. Beliau juga masih sempat berta‘ziyah ke rumah H. Ismail, seorang warga desa Sidogiri yang wafat sehari sebelum maulid. Saat itu, Kiai sudah terlihat sakit parah. Sambil dipapah, beliau berjalan ke rumah H. Ismail yang berjarak kira-kira 150 meter dari dalemnya.
Menurut penuturan dari salah satu putra tirinya, Mas Abdul Bari, 10 hari sebelum wafat, Kiai Hasani bercerita telah didatangi Imam al-Ghazali dalam tidurnya. Beliau mushafahah (berjabat tangan) dengan tokoh sufi terkemuka Abad Pertengahan itu. Kiai Hasani merasakan perjumpaan dengan Imam al-Ghazali seperti dalam alam nyata, tidak dalam mimpi. Beliau tidak menceritakan lebih lanjut tentang pertemuan dengan Imam al-Ghazali tersebut. Cuma, pada hari itu pula beliau dawuh kepada K.H. Nawawi Abdul Djalil: “Sing enak saiki mastur (Yang enak sekarang ini tidak dikenal orang).
Sebelumnya, beliau akan untuk naik haji pada tahun ini menemani Nyai Shalihah, istri beliau. Niat itu telah diutarakan kepada beberapa Keluarga Sidogiri. Yang membuat Keluarga Sidogiri tersentak sedih dengan niat Kiai ini, beliau mengatakan bahwa usai naik haji, dirinya tidak akan kembali lagi.
Komentar Para Tokoh tentang KH Hasani Nawawie
Habib Taufik bin Abd. Qodir Assegaf, Tokoh Habaib Pasuruan“Saya Kagum Dengan Visi dakwahnya”
Saya cukup kenal dekat dengan beliau. Dan beliau saya anggap sebagai guru dan orang tua. Banyak hal yang saya teladani dari figur beliau. waro’, sederhana, dan tidak mau menonjolkan diri adalah salah satu sifat utama beliau.
Satu hal dari beliau yang selalu saya ingat adalah kelapangan hati untuk menerima kritik sekalipun dari orang yang masih muda. Pernah satu ketika, karena melihat beliau sering datang ke pendopo kabupaten, didorong rasa sayang pada beliau saya sampaikan, “Sebaiknya kiai jangan sering-sering datang ke pendopo, biar saya saja yang menjadi corong kiai”. Dibilang begitu beliau sangat gembira sampai-sampai uang yang ada disakunya dikasihkan pada saya semua, kalau tidak salah sekitar seratus lima puluh ribu. “orang berani dan jujur begini yang saya senangi”, kata beliau saat itu.
Dalam dakwah beliau tidak pernah mempermasalahkan dari golongan mana. Asal visinya jelas dan sesuai dengan visi dakwah beliau pasti didukungnya. Entah itu NU atau bukan. Dan saya termasuk orang yang selalu diberi semangat oleh beliau untuk berdakwah.
Dan satu hal lagi, beliau tidak pernah menyakiti bahkan selalu memberi manfaat pada orang lain. Dan orang yang seperti itu sangat mahal harganya.
KH. Yusbakir, Wakil bupati Pasuruan
“Penyejuk Birokrat”
Pertama kali mendengar beliau wafat saya terkejut sekali, sebab salah satu pelita yang menerangi umat telah diambil oleh Allah. Kiai Hasani sangat punya perhatian pada masalah-masalah kepemerintahan. Beliau sering datang dalam pertemuan atau rapat di pendopo. Walau tidak banyak berkomentar bahkan tak jarang tak sepatah katapun beliau ucapkan. Namun dengan kedatangannya saja kami sudah merasa tenang dan sejuk, sebab kami merasa apa yang kami lakukan telah mendapat restunya.
Beliau memang lebih senang diam. Jika berkata sekalipun pendek tapi mengandung makna yang sangat luas dan dalam. Dan justru dengan sikapnya diamnya itulah kami semakin respek dan kagum.
Kiai Hasani sangat peka dan tanggap terhadap persoalan keumatan. Beliau sering bertanya tentang bagaimana situasi keamanan Pasuruan dan memberikan nasehat-nasehat kepada para pejabat. Perhatian dan kesungguhan beliau setidaknya bisa dilihat dari masalah suksesi yang sempat menjadi polemik beberapa saaat lalu. “Yang saya inginkan bagaimana pasuruan bisa tenang kembali”, kata beliau saat itu.
Sikap yang beliau tunjukkan selalu memberikan kesejukan pada siapapun yang melihat. Dan ternyata dalam kesederhanaannya beliau tetap punya kharisma yang begitu kuat.
***
H. Thayyib: Kiai Hasani, ayah dan guru saya
Apa kata STIE tentang Pondok Pesantren Sidogiri? Sekolah tinggi ekonomi kenamaan di kota Malang ini menganggap Sidogiri sebagai keluarga sendiri. “Sebagai keluarga, ilmu apa saja yang bisa diambil Sidogiri dari STIE Malangkucecwara silahkan diambil,” ungkap H. Thayyib, pemilik sekaligus Ketua Yayasan Malangkucecwara ketika menerima rombongan Sidogiri yang melakukan kunjungan ke yayasan itu. Didampingi istri, puteri, dan menantunya serta beberapa pengurus yayasan dan dosen STIE, H. Thayyib mengungkapkan rasa kehilangannya yang amat mendalam atas wafatnya Almarhum K.H. Hasani Nawawie. “Bagi saya dan keluarga saya, beliau adalah guru sekaligus ayah. Sampai sekarang pun, saya masih punya semacam perasaan bahwa Kiai masih ada,” katanya dengan muka sedih. “Oleh karena itu, saya harap hubungan dengan Sidogiri terus berlanjut sampai kapan pun,” lanjut lelaki yang terkenal suka seni bangunan ini.
Lelaki setengah tua yang masih gagah ini menyatakan kekaguman yang luar biasa kepada almarhum. Menurutnya, almarhum adalah sosok yang sangat patut diteladani dan sulit dicari. Beliau adalah ulama yang sebetul-betulnya ulama. H. Thayyib yakin, Kiai Hasani adalah wali Allah. “Bahkan, menurut Kiai Mujahid dan seorang Habib, Kiai Hasani mempunyai dua kewalian,” ungkapnya.
Ia mengaku menerima banyak wejangan dari Kiai Hasani terutama terkait dengan prinsip hidup serta jalinan ukhuwah dengan sesama muslim. Salah satu pesan Kiai Hasani yang selalu ia ingat adalah prinsip menjaga kesatuan umat dengan tidak terjerumus ke dalam fanatisme partai dan golongan. H. Thayyib mengaku sering mengkampanyekan prinsip ini kepada masyarakat dan para ulama.
Dalam pertemuan yang berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan itu, H. Thayyib menceritakan bahwa sekitar 2 minggu sebelum wafatnya, Kiai Hasani sempat menyatakan niatnya untuk naik haji pada tahun mendatang. Ia menyambut niat beliau ini dengan gembira. Tapi, yang kemudian membuat ia sedih, Kiai menyatakan tidak akan kembali setelah haji itu. Dawuh Kiai ini membuat H. Thayyib menangis sejadi-jadinya, karena menurut firasatnya ini adalah isyarat bahwa beliau akan meninggalkan kita. “Beliau seperti pamitan waktu itu,” ungkapnya sedih.
Menurut orang yang mengaku pernah diberi minum air zamzam sampai tiga gelas oleh K.H. Hasani Nawawie (padahal ia sedang berpuasa sunah, tapi terpaksa ia batalkan) ini, hal utama yang membuat K.H. Hasani sesak berada di dunia ini, adalah konflik yang kerap terjadi sesama muslim akhir-akhir ini. Pemicu utama konflik itu masalah partai. “Kiai Hasani pernah dawuh: ‘bagaimana aku akan bertanggung jawab terhadap santri-santri Sidogiri yang ikut partai ini dan itu, kemudian saling bertengkar’,” ungkap H. Thayyib memendam rasa kecewa atas pertikaian umat yang meruncing akhir-akhir ini. (abi)
Ketika Seorang Sufi Mendobrak Fanatisme
Santri
"Berdasarkan peninjauan tindak langkahnya adalah orang yang berpegang teguh pada al-Quran dan mengikuti Sunnah Rasul saw. dan teguh pendirian.
Ini adalah arti bersandar sejarah dan kenyataan yang tidak dapat dirobah selama-lamanya.
Allah maha mengetahui atas kebenaran sesuatu dan kenyataannya".
Sebuah makna sekaligus predikat moral bagi santri yang diberikan oleh Hadlratus-Syaikh KH Hasani bin Nawawie. Sebuah peninggalan beliau yang tak akan lekang oleh waktu. Abadi, sejarah akan selalu mengenangnya.
Sang Panutan Agung
Ketika waktu mengeja sejarah
ada yang yang tersisa tak terbaca
lelampah sang panutan
menerangi pojok-pojok nurani
yang hampir mati

Lelampah agung, harus dikenang
lewat catatan, tutur berita dan
lewat cahaya-nya
yang senantiasa membisu

Di sini dan di saat ini ...
kita akan tahu
keagungan yang terpendam
dalam "diam"-nya yang menentramkan

Hadlratus-Syaikh KH. Hasani Nawawie
ijinkan kami mengenangmu,
walau sekedar ceritamu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar